Surat Cinta untuk Indonesia

Halo Indonesia!

Bangsa yang kaya alamnya, luar biasa potensi manusianya. Sungguh sedih melihat bangsa ini masih dijajah tanpa sadar. Terlena dalam kemewahan budaya luar. Dibodohi orang-orang dengan berbagai kepentingan. Enggan belajar, padahal ilmu ada di jangkauan.

Presiden Soekarno pernah berkata, “Beri saya 10 pemuda dan akan saya ubah dunia!” Sedangkan sekarang ucapan yang berlaku sepertinya, “Beri saya 10 pemuda dan akan saya jadikan boyband!” Terlalu banyak remaja-pemuda Indonesia yang memikirkan diri sendiri. Hidup nyaman, makan mewah, gadget terbaru, sehingga kita seringkali lupa makna perjuangan. Terlalu dimanjakan dengan hiburan ringan, sehingga lupa memperkaya diri dan pengetahuan.

Saya miris ketika midnight sale membuat kita rela menyusun strategi sejak siang dan antri berdesakkan. Perjuangannya luar biasa demi mendapat sepotong baju bermerek dengan harga diskon. Apakah determinasi dan perjuangan itu juga kita lakukan untuk menggapai impian dan cita-cita kita?

Saya bicara begini bukan karena saya sudah hebat. Tapi saya malu ketika berkaca pada pengalaman dan perjuangan orang lain. Saya malu ketika merenungkan, hal bermakna apa yang sudah saya lakukan?

Remaja dan pemuda Indonesia, ayo kita bangkit! Hiduplah sesuai panggilan hati, jadilah yang terbaik di bidang itu, dan berikan manfaat bagi lingkungan sekitar. Bersama, kita mengubah Indonesia!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s